Berkarakter Kuat dan Cerdas

APLIKASI GRAPHENE UNTUK LITHIUM ION BATTERY

Istiqomah Nur Hidayah. APLIKASI GRAPHENE UNTUK LITHIUM ION BATTERY. Makalah Seminar Fisika. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Desember 2014.

Penulisan Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) sifat-sifat graphene yang digunakan pada Lithium-Ion Battery, (2) prinsip kerja Lithium-Ion Battery, (3) pemanfaatan graphene untuk Lithium-Ion Battery.

Makalah ini disusun berdasarkan beberapa literatur seperti buku dan jurnal yang membahas tentang graphene dan aplikasi graphene pada Lithium-Ion Battery. Selain itu juga memanfaatkan media internet untuk menambah pengetahuan tentang materi tersebut.

Berdasarkan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) Graphene memiliki sifat mobilitas elektron sekitar 15000 cm2/Vs sehingga konduktivitas listriknya tinggi dan bersifat konduktor, konduktivitas termalnya berkisar >5000 W/m/K, luas permukaannya antara 270 – 1550 m2/g serta mempunyai transparansi yang tinggi dengan menyerap 2,3% dari cahaya yang masuk sehingga terlihat bening; (2) Prinsip kerja Lithium-Ion Battery yaitu pada proses pemakaian listrik (discharging) dan pengisian (charging). Pada proses pemakaian listrik (discharging) elektron dari anoda mengalir ke katoda melalui kabel konektor sedangkan lithium yang berada pada sistem (di dalam baterai) lepas dari anoda karena kekurangan elektron untuk berpindah menuju katoda melalui elektrolit. Pada proses pengisian (charging), elektron dari katoda mengalir menuju anoda sedangkan ion lithium dalam sistem berpindah dari katoda menuju anoda melalui elektrolit; (3) Graphene memiliki peran sebagai anoda pada Lithium-Ion Battery yaitu untuk meningkatkan beberapa parameter pada Lithium-Ion Battery seperti kerapatan energi listrik serta jangka pakai.

 

Kata kunci: graphene, Lithium Ion Battery.

grafik graphene

_Kurva dispersi graphene_

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalender

November 2017
M S S R K J S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930